Tuesday, May 26, 2009

Ngeblog n Dapet Duit

Sohibku sekalian, sebangsa dan setanah air...melalui blog saya akan memperkenalkan dan memberikan sedikit ilmu saya tentang Blog dan bagaimana caranya Blog itu bisa eksis dan mendatangkan keuntungan finansial buat kita semua, Amin.
Bagi para sohib yang belum mengenal Blog sama sekali atau yang sedang belajar, perkenalan ini tidak akan bertele-tele, langsung ke petunjuk teknis pembuatan Blog dan oleh karena itu dont miss it. Sebelumnya saya akan definisikan dengan gaya bahasaku sendiri bahwa Blog adalah merupakan media elektronik dalam rangka mempromosikan diri atau apa saja kepada dunia tentang apa yang kita tuangkan dalam sebuah Blog, yah bisa dikakatan sebagai Majalah, Surat Kabar dan Tabloid Dunia dan bahkan bisa jadi lebih dari sekedar itu bila kita memanfaatkannya semaximal mungkin.

Baiklah, untuk menghemat tenaga dibawah ini saya akan paparkan petunjuk teknis dalam membuat Blog. Namun sebelumnya ada beberapa point yang harus dipertimbangkan sebelum membuat Blog yaitu :
- Sohib sekalian memiliki waktu luang setiap harinya untuk ngeblog.
- Sohib sekalian juga harus memiliki sedikit modal untuk biaya akses internet
- Memiliki ide tulisan yang cukup memiliki nilai untuk dibaca atau dijual
- Jagan pernah takut atau merasa grogi, minder ketika baru berhadapan dengan para Bloger yang laen n toh they not see you.
- Jangan pernah ragu dan takut meneluarkan biaya sedikit untuk sebuah point yang menjanjikan
- Maju terus n pantang mundur, Merdeka...!!!

Adapun Tips dalam membuat Blog adalah bahwa para sohib sekalian harus memiliki sebuah acount(email) baik itu di Google ataupun di Yahoo (mesin pencari web yang saya sarankan). Bila para sohib telah memiliki acount maka anda siap untuk ke tahap berikutnya yaitu

Membuat Blog, Namun sebelum membuat Blog saya perkenalkan bahwa ada banyak media untuk membuat Blog, dari yang gratisan sampai yang berayar bulanan atau tahunan dan saya hanya akan memperkenalkan Google sebagai sebagai media dalam membuat Blog Gratis, Namun karena sebagai pengguna media para sohib harus tahu dan ikiut aturan main Google. Ga' boleh ada pelanggaran karena sohib bisa ditilang atau bahkan ditendang keluar dalam game ini..he he he. Serius lho...
Teknis membuat Blog, yaitu :

- Kunjungi www.google.co.id (indonesia style) or www.google.com (english style)
- Dalam tabel search engin-nya tuliskan karakter "Bloger" dan secara default akan mesin tersebut akan mencari karakter yang anda tulis dan akan muncul karakter "Create Your Free Blog" milik Google sendiri yang dipromosikannya sendiri pada line paling teratas pada kolom laman pencarian n klik aja disana.
- Setelah itu akan muncul jendela "Blogger", seperti dibawah ini :

selanjutnya sohib sekalian tinggal mengikuti semua petunjuk yang ada disana, simak secara baik dan tidak usah buru-buru ingin berhasil menyelesaikan sebuah Blog tapi sohib harus berhasil buat Blog.
- Harap untuk diperhatikan oleh para sohib sekalian bahwa dalam mengimput data haruslah dengan cermat dan kurangi error karena hal itu bisa membuat anda dalam big trouble.
- Setelah semua proses diatas telah diselesaikan secara baik maka akan tampil jendela seperti dibawah ini :
silahkan para sohib pilih karakter dalam tabel "MULAI BLOGING"
- Selanjutnya akan muncul tampilan :

setelah muncul jendela seperti diatas, yang harus sohib perhatikan adalah sebelum mulai menulis bila sohib ingin mengubah tampilan templat maka hendaklah sohib mengaturnya terlebih dahulu sebelum mulai menulis karena mengubah tampilan tempelat setelah menulis akan membuat tulisan kita hilang or not save walaupun telah tersave sacara otomatis dari server hal ini dikarena ketidak sesuain karakter. Dab untuk mengubah tampilan tempelat sohib tinggal pilih "Tata Letak" dan selanjut akan tampil jendelah seperti dibawah ;

pada jendela blog diatas, sohib pilih opsi "Edit HTML" dan akan muncul jendela layar berikutnya. Sohib tinggal memblok semua isi kolom besarnya dan delet kemudian copy-paste dari server penyedia layanan tempelat. Untuk lebih lanjut saya akan bahas tentang bagaimana caranya mengedit tempelat pada blog berikutnya. Sohib sekalian bersabar aja menunggu. Ga lama kok.
(Bila sohib tidak mengubah tempelat, maka sohib tinggal nulis aja kok semua cerita atau apa saja bahkan sampai hal pribadi)

- kemudian setelah sohib selesai menulis maka, selanjutnya pada tampilan jendela pada gambar ke-3 diatas, sohib tinggal pilih opsi "Terbitkan Entri". Dan semua penjuru dunia akan melihat blog sohib, Selesai.
Dan untuk melihat blog sohib, tinggal pilih opsi "lihat blog" pada jendela yang sama. Memang tampialn masih standar tapi bila sudah punya blog maka itu jauh lebih maju ketimbang ga' sama sekali. Dan sohib ga' usah khawatir karena akan ada blog berikut yang membahas bagaimana caranya membuat membuat tampilan blog itu cantik dan tidak bikin boring. Dont miss it. (tunggu tayang ke2 dengan judul : Edit Tempelate ; telah terbit dengan alamat "http://www.ngebloggratisndapatduit02.blogspot.com")

Selamat Mencoba N Sukses.

1 comment:

Agus Wiyono said...

bagus banget moga bisa datang ke blog daya untukbertukar pendapat.....cara mencari rejeki yang mudah
http://www/bisnis5717.co.cc